Kamis, 22 November 2012

Obat Cerdas Antikanker: Aplikasi Carbon Nanotube di Dunia Biomedik


Salam Nano dari Kampus Pahlawan,

              Sel kanker adalah sel normal yang mengalami mutasi DNA. Akibatnya, kinerja sel berubah total dari fungsi aslinya. Perubahan tersebut meliputi pembelahan sel secara tidak terkendali, ekskresi enzim yang tidak sesuai dan lain sebagainya. Pertumbuhan sel menjadi sangat cepat dan mengakibatkan penumpukan di daerah tertentu sehingga menimbulkan benjolan. Sel kanker juga dapat menyerang jaringan yang bersebelahan (invasi) atau migrasi ke jaringan jauh (metastasis). Jika benjolan (tumor) ini ganas, maka disebut kanker.
           Kendala obat kanker saat ini yaitu penyerangan tidak spesifik terhadap sel kanker sehingga ada kemungkinan sel sehat juga ikut diserang. Selain itu, ukuran obat yang terlalu besar menghalangi obat masuk ke sitoplasma sehingga tidak dapat berinteraksi langsung dengan DNA. Sejak ditemukan pertama kali pada 1971, Carbon Nanotube (CnT) menarik perhatian seluruh peneliti dunia. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya paper dan patent yang meningkat beberapa kali tiap tahunnya. CnT memiliki aplikasi yang beragam diantaranya Biosensor, Elektronik, kapasitor, Transistor, Regenerasi sel. Di dunia biomedik, CnT dipelajari terkait potensi sebagai cargo obat. Potensi ini terkait kemudahan CnT untuk dimodifikasi secara kovalen maupun nonkovalen pada bagian luar tabungnya. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan biomolekul yang diinginkan, termasuk DNA, protein dan lain sebagainya.

            Taxol merupakan suatu senyawa yang sudah teruji sebagai obat antikanker. PTX (Paclitaxel), obat yang biasa digunakan sebagai obat kanker, yang dimodifikasi dengan polyethylene-glycol (PEG) memiliki kinerja yang lebih baik dari Taxol®. Selain itu, material ini juga dapat bekerja baik dengan dosis yang sangat rendah, efek samping kecil dan kemampuan slow release.
Fungsionalisasi Bagian Luar Tabung CnT


Dari Pejuang Nano Untuk Indonesia..
Ahmad Mas'udi
Jurusan Kimia, Ketua Umum NanoKITS 2012/2013

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India